Pikitem abis ganti bahu, dan nama

Stang (Steer?) untuk motor itu menurut gw ibarat bahu. Kenapa? karna kalo lagi main kereta-keretaan, yang digerakin buat ngebelokin orang itu bahunya kan? *paragraf nggak jelas, ditimpuk pembaca*

Anw, maksudnya ganti bahu disini itu ganti stang, stir, steer, sutang. Stang bawaan V-ixion yang dikasih ama YIMM kurang bersahabat untuk postur gw. 164cm kurang bagus kalo make stang ketinggian, plus kesemutan juga kalo riding diatas 15 menit. So, terpaksa ikut modif racun printilan sejuta umat pengguna V-ixion, ganti stang standar ke stang ninja r (yang batangan juga), diganti sampe bandulnya. Agak males kalo harus bubut buat ngegedein lobang mur.. >.<

DC nya agak mahal sih, nebus di beres Kawasaki di Talang, Bogor. Stang nya kena Rp55.000; Bandul Rp120.000 (Rp60.000 each); Mur Rp10.000 (Rp5.000 each). total2 Rp185.000. sisa Rp15.000 nya buat ongkos pasang deh.

Pasangnya di bengkel di deket jembatan 1, Bogor. rekomendasi dari vixionr15. (Well, di postingan dia sih harga bandulnya masih 40k.. )

jadinya? ya begini
Image

ini perbandingan tingginya waktu baru bongkar stang hadiah dari YIMM
Image

oh iya, hampir kelupaan. Ada rencana mau ganti nama pikitem ke Mugen (kalo nggak salah artinya tidak terbatas), tapi blom resmi. Bubur merah bubur putihnya ntar, nyari cutting stiker Mugen dulu, baru sah..

Ciao..

 

Iklan

diatas 4500km

*cek tanggal postingan terakhir, wut?! dua bulan yang lalu?!*

Hai, halo.. dua bulan nggak posting.. kebanyakan nyangkut di draft, dan akhirnya kehapus semua.. ( ._.)/|postingan|
anw, kmarenan baru service ke-3 pikitem, 4500km (sekalian ganti oli, masih dengan Shell Adv. Ultra).

setelah 3000km pemakaian, mulai kerasa gejala minta di ganti oli nya. mesin gampang panas, trus bukaan gas agak kurang enak ketika mesin panas (kipas radiator nyala). Mungkin juga sih karna saringan angin juga kotor. Tapi dari 300km pemakaian, nggak ada kejadian sama skali slip kopling sama oli ini.. nice..

next agenda (yang selalu ke-skip sama kepentingan Yu-Gi-Oh!), pengen ganti switch lampu non-aho. oh, DAN comotin part2 new-vixion ke pikitem.. =D

Ciao..

(NB: sampai saat ini penghitungan konsumsi BBM masih dilakukan, berkisar antara 1:38-1:39)

Shell Advance Ultra 4t setelah 1500km

Halo masbrogan…teng (?)
baru bisa apdet lagi nih ane, hehe..

hitung-hitung sejak ganti oli terakhir kmaren, si pikitem udah ada sekitar 1500km jalan. trus gimana performa Shell Adv. Ultra 4t nya? masih sip kok gan, belom ada gejala slip kopling. kalo soal mesin cepet panas dan agak berisik (seperti yang umumnya dibilang untuk oli 10w-40),  blom bisa bilang gan. soalnya blm pernah masukin yang lebih kentel dari yang sekarang (misal, 20w-50). dan kayaknya untuk kedepannya belum akan masukin yang 20w-50 sih.. mungkin setelah 20rb km (ato skitar setahun umur motor) baru mikir untuk pake yang segitu.. hehe

Dan juga, ane jarang riding siang2, jadi kipas radiator emang jarang nyala.. =3, kalo udah pernah turing mungkin baru bisa ngasih tau lebih cepet panas ato nggak.. =D

Coba-Coba Shell Advance Ultra 4T

Ternyata udah sebulan lebih nggak nulis, odometer pikitem sekarang juga udah nyentuh 1700-an km, saatnya ganti oli yang kedua. Tadinya mau di beres Yamaha aja ganti olinya, tapi pas cek buku pedoman servis, servis kedua untuk 3000an km, sayang ah (sayang tune up gratisnya kamsudnya bro.. hehe).

Browsing sana sini nyari referensi buat oli pikitem, pilihannya ada mengerucut ke dua merk oli:
1. Shell Advance VSX 4T SAE 10w-40 (API – SL dan JASO MA)

(Rp61.500 menurut harga di SPBU Shel, sumber:  makinaparts.com)

2. Motul Ester 5100 4T SAE 10w-40 (API – SL JASO MA)

(katanya berkisar antara Rp95.000 – Rp105.000, sumber: motul.com)
Baca lebih lanjut

Konsumsi BBM Pikitem (Vixion)

Akhirnya, tembus juga 300km.. gara2 nopol udah turun, jadinya cepet.. pikitem di bawa jalan2 mulu.. hehe
kmaren, sekalian ngukur konsumsi BBM V-Ixion, isi di T*tal, full tank, seperti waktu pertama kali isi penuh. dapet 7,8 liter. Jenis BBM beroktan 95
(disini juga dapet informasi tambahan, kalau misalkan fuel gauge nya V-Ixion udah di tengah, artinya udah abis sekitar 8 liter).

Odometer waktu beli BBM ada di 306km, berarti so far konsumsi rata-rata BBM V-Ixion 7.8/306 = sekitar 1:39.2. Pengukuran berikutnya direncanakan waktu deket2 500km, sebelum servis pertama.. so stay tuned.. =D
(PS: ada update April di bagian bawah..)
Baca lebih lanjut

Cover Engine dan Spakbor Kolong

Abis jalan2 di Vixishop di FJB Kaskus, akhirnya memutuskan untuk beli Cover Engine, Spakbor kolong, plus cover radiator..
DC (Total 207.000):

Cover Engine Rp75.000
Braket Rp10.000
Spakbor Kolong item buat ban kecil  Rp55.000
Cover Radiator Rp15.000
Ongkos kirim (volume based) Rp52.000

Ongkirnya mahal bangeet.. T^T, tapi ya ngirit waktu banget, ga perlu jalan kmana.. dan pengirimannya cepet, sesuai kebijakan vixishop, pemesanan sebelum jam 14.00 WIB, masuk ke tukang kirim hari itu juga. Pesan barang kamis pagi, jumat sore nyampe.

Ganti Handle Grip V-Ixion

Selang sekitar seminggu si pikitem jalan2 (baru dapet 30Km, hosh.. nggak ada Plat Nomor susah gerak) gw ngerasain ada yang aneh, grip bawaan Yamaha di motor V-Ixion ini kok bikin pegel yah. FYI, sebelumnya gw pake Honda Supra Fit, dari tahun 2005. Nah pas pindah ke si pikitem ini, grip nya kok gw rasa lebih kecil yah. Coba-coba jalan2 ke toko-toko aksesoris, cuman ya kok nggak ada yang menarik minat hati. Akhirnya, coba jalan ke AHASS siapa tau spare part handle grip buat Supra Fit masih ada. Ternyata ada Bro! murah lagi, 14rb each (28rb sepasang). langsung dipinang, karena udah kadung biasa juga ama handlenya Supra Fit ini. Baca lebih lanjut