Coba-Coba Shell Advance Ultra 4T

Ternyata udah sebulan lebih nggak nulis, odometer pikitem sekarang juga udah nyentuh 1700-an km, saatnya ganti oli yang kedua. Tadinya mau di beres Yamaha aja ganti olinya, tapi pas cek buku pedoman servis, servis kedua untuk 3000an km, sayang ah (sayang tune up gratisnya kamsudnya bro.. hehe).

Browsing sana sini nyari referensi buat oli pikitem, pilihannya ada mengerucut ke dua merk oli:
1. Shell Advance VSX 4T SAE 10w-40 (API – SL dan JASO MA)

(Rp61.500 menurut harga di SPBU Shel, sumber:  makinaparts.com)

2. Motul Ester 5100 4T SAE 10w-40 (API – SL JASO MA)

(katanya berkisar antara Rp95.000 – Rp105.000, sumber: motul.com)

Temen juga nyaranin pake Motul Ester 5100 aja, cuman masalahnya pikitem agak susah jalan-jalan nyari oli, maklum setiap hari harus PP Cawang – Bogor buat kerja, sampe sini baru malem kan. Kebetulan jalun perjalanan kerja dari stasiun cawang ngelewatin SPBU Shell, Rabu kemaren mampirlah ke situ. niatan di depan mau ambil VSX aja, tapi sukses di panas2in ama temen buat jajal yang Full Synthetic nya sekalian, yaitu Shell Advance Ultra 4T (API -SM JASO MA2) SAE 10w-40

(berkisar Rp150.000 – Rp.190.000 an)

di internet kebanyakan bilang harganya Rp150.000, tapi di SPBU Shell nya malah kena Rp183.000, gapapa lah, sekitaran segitu juga sih harganya..

Tadi pagi bangun pagi, gosok gigi, rapih2 trus langsung keluarin alat2 buat keperluan ganti oli:
1. Oli baru 1L (Ultra 4T)
2. Wadah penampung oli bekas
2. Kain lap (baju bekas, tisu, terserah)
3. Kunci 19
4. Air putih, buat minum kalo haus

Standarin dua si pikitem di kandangnya, buka cover mesin, siapin wadah penampung oli bekas di bawah pikitem, buka baut pembuangan oli pake kunci 19, dan curr… oli nya item2 ngucur. Ada hal baru sih disini yang baru gw liat, biasanya oli bekas itu item (dari dulu kalo ngeliat oli bekas si supra pit sih item mulu kalo pas ganti) tapi ini agak kemerahan warnanya. Mungkin pengaruh bahan bakar yang di pake kali (Total Performance 95, warna BBM nya merah sih emang). abis oli udah mulai pelan ngalirnya, pikitem dimiringin ke kanan – ke kiri, tujuannya sih supaya oli yang masih di dalem pada turun. Maklum bro, DIY di rumah nggak punya kompresor.


(keliatan ga kalo agak2 kemerahan oli bekasnya?)

Abis gitu, bersiin tutup tap oli, pake bensin di kuas2 di lap2 ampe bersih, tutup lagi bak olinya.
sempet ada prablem dikit waktu mau masang tutup oli tap olinya, yaitu bagaimana posisi Tutup – Per – Saringan yang benar? (JEDER!), langsung ngibrit ke kamar, buka websitenya om yudibatang. Soalnya inget dulu pernah baca tentang ganti oli vixion di situ.
Abis tutup oli tapi oli dipasang, tinggal isi Ultra 4T ke Oil Reservoir pikitem, dan panasin mesin deh..
Performa oli blm bisa ngabarin bro, soalnya blm dipake jalan.. lah ini aja langsung apdet ke mari..

Stay Tuned buat testimoni performa si Ultra 4T yak, sip..

Iklan

3 responses to “Coba-Coba Shell Advance Ultra 4T

    • sebelumnya pake Oli bawaan dari dealer, err Yamalube. sapa tau aja pewarna ato aditif dari si BBM nya nempel trus samhaw kecuci sama oli gitu, hehe makanya saya kesimpulan brubah warna karna itu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s